A. Pengertian dan jenis website
Pemasaran online tentu nya membutuhkan media online yang dapat digunakan untuk memasarkan produk yang berupa barang ataupun jasa yang dihasilkan prusahaan.
1. Pengertian website
Website atau sering disingkat dengan istilah situs terdiri dari jumlah halaman web yang memiliki topik saling terkait antara halaman yang satu dengan halaman yang lain.
Dalam kegiatan bisnis, setiap pelaku usaha membutuhkan website untuk melakukan kegiatan online, seperti pemasaran. Hal ini dikarnakan semakin berkembangnya zaman semakin banyak dapat melihat produk yang dihasilkan perusahaan. Oleh karna itu setiap pelaku bisnis, baik dalam sekala besar ataupun kecil membutuhkan website. Didalam fungsi dari web, sebagai berikut.
a. Membuat pengumuman atau pemberitahuan.
b. Memberikan pelayanan kepada konsumen.
c. Menerima masukan dari pengunjung/customer.
d. Membagi dan mendistribusi file dan foto.
e. Berkomunikasi langsung dengan konsumen yang berada dibelahan dunia manapun.
2. Jenis-jenis website
Website yang disediakan dalam media online sangat banyak. Dimana jenis website yang digunakan dapat disesuaikan dengan tujuan dari pembuatan situs tersebut. Adapun jenis situs web dapat dibedakan menjadi dua, yaitu berdasarkan fungsi nya dan segi konten nya. Kedua jenis website tersebut, sebagai berikut.
a. Website berdasarkan fungsinya1). Website search engine
2). Website networking
3). Website forum
4). Website berita
5). Website blog
6). Website portal
7). Website galeri
8). Website e-commerce
9). Website e-learning
10). Website standar
b. Website berdasarkan segi kontennya
Adapun kedua jenis website tersebut adalah website statis dan website dinamis.
berikut akan dijelaskan mengenai website statis dan dinamis.
1. Website statis
2. Website dinamis
B. Perancangan dan pembuatan website
Untuk memperlancar pemasaran online maka perusahaan harus memiliki website resmi nya sendiri berikut akan dijelaskan mengenai perencangan website dan pembuatan website
1. Merancang website
a. Memilih alamat ( domain )
b. Memilih hosting
c. Tujuan membuat website
d. Skema atau stuktur website
e. Isi website atau konten
f. Desain tampilan
g. Menguji sebelum di-hosting
h. Memublikasikan situs ke internet
i. Meng-update secara berkala.
2.Membuat web sederhana
a.Kemudahan menggunakan (usabillity)
b.Search engine visibillity (mengoptimalkan sistem pencarian)
c.Desain (design)
C.Kelebihan dan kekurangan dari website dalam pemasaran
website memberikan keuntungan dalam kegiatan pemasaran. namun demikian,website juga memiliki kekurangan dalam kegiatan pemasaran .
1.Keuntungan atau kelebihan website
Adanya website memberikan ruang yang cukup luas untuk perusahaan ataupun pelaku bisnis dalam memasarkan produknya kepada konsumen kapan pun dan dimana pun.
2.Kekurangan website dalam kegiatan pemasaran
Website memang merupakan salah satu cara bagi pelaku bisnis dalam memasarkan produknya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar